Cara Mendapatkan Kartu Nikah Digital

lintas.fonetekno.com– Hallo sobat lintas, kabar dari Kementerian Agama (Kemenag) telah resmi dengan pemberlakuan kartu nikah digital, dengan di hapusnya penerbitan kartu nikah fisik mulai pada bulan Agustus 2021. Disini admin akan memberikan Cara Mendapatkan Kartu Nikah Digital.

Kementerian Agama membentuk kartu nikah digital tersebut berharap dapat memudahkan warga masyarakatatau pasangan suami-istri apabila mereka membutuhkan kartu nikah saat akan berpergian.

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan kartu nikah digital tersebut? Berikut adalah penjelasannya.

Baca Juga: Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 4, Telah Rilis Di Indonesia

Kepala Subdit Mutu, Sarana Prasarana, dan Sistem Informasi KUA Ditjen Bimas Islam Jajang Ridwan mengatakan, layanan kartu nikah digital bisa diakses di seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) yang terintegrasi dengan sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah Web).

Kartu Nikah Digital

Ditjen Bimas Islam Jajang Ridwan memastikan, saat ini hampir 100% KUA di Tanah Air sudah bisa mengakses Simkah Web, adapun cara mendapatkan kartu nikah digital tersebut adalah pasangan calon pengantin mengisi formulir pendaftaran nikah melalui Simkah Web di situs www.simkah.kemenag.go.

Simkah Web

Aplikasi Simkah (Sistem Operasi Manajemen Nikah) Web, telah resmi diluncurkan Kementerian Agama RI pada 8 November 2018. Keunggulan aplikasi Simkah Web ini? Pertam, aplikasi ini terintegrasi dengan data pada kementerian terkait secara nasional.

Baca Juga: Rekomendasi Nickname FF Keren Terbaru 2021

Kedua, saat mencetak buku nikah, akan keluar QR Code yang terkoneksi dengan aplikasi. Ini merupakan fitur security (keamanan) untuk menjaga buku nikah tidak mudah dipalsukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Ketiga, laporan data nikah dan PNBP nikah-rujuk dapat dilihat secara real-time. Hal, ini memudahkan montoring pelaksanaan nikah secara nasional, termasuk dapat memantau ketersediaan buku nikah pada setiap wilayah.

Jika pasangan pengantin sudah selesai melaksanakan akad nikah, kartu nikah digital akan segera di kirim melalui e-mail atau nomor WhatsApp yang telah terdaftar dalam bentuk tautan.

Kartu Nikah Fisik

Bagi anda yang mempunyai kartu nikah fisik menjadi digital sudah tercantum dalm Surat Ditjen Bimas Islam B-2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021 terkait penggunaan kartu nikah digital.

Baca Juga: Bisnis Untuk Mahasiswa Tanpa Modal Besar

“Kami di Kemenag memutuskan untuk menghentikan penerbitan kartu nikah fisik per-Agustus 2021 ini. Sebagai gantinya kami telah meluncurkan kartu nikah digital pada Mei lalu.” Dikutip dari laman resmi Kemenag, Selasa (10/8/2021).

Sumber: Kompas.com

Kabar berita dari Kemenag tersebut telah resmi menjelaskan bahwa mulai Agustus 2021, Kemenag tidak lagi menerbitkan kartu nikah fisik. Sementara itu, kartu nikah fisik yang masih tersisa di KUA setempat akan segera dihabiskan.

Dengan demikian, maka dokumen nikah dalam bentuk digital disebut tidak akan merepotkan pasangan suami-istri apabila mereka harus berpergian.

Banyak sekali nilai-nilai yang menguntungkan untuk anda yang akan menikah dan mendapatkan kartu nikah digital ini. Tidak terlalu ribet dengan mengurus surat-surat anda tinggal hanya mengirim biodata anda dan pasangan.

Jika kalian masih mencarai tantang informasi diatas atau masih penasaran dengan informasi lainnya, disini admin akan memberikan beberapa kata kunci yang mungkin bisa kalian cari sehingga memberi pengetahuan yang lebih luas. Berikut adalah kata kuncinya.

  • buku nikah,
  • perbedaan akta nikah dan buku nikah,
  • simkah kemenag go id daftar nikah online,
  • buku nikah digital,
  • simkah web,

Penutup

Demikian pembahasan yang bisa admin sampaikan untuk kalian sobat media, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti terus informasi-informasi yang akan admin bahas setiap hari hanya di website kami. Sekian dan Terimakasih!!!

Gallery for Cara Mendapatkan Kartu Nikah Digital

You May Also Like

About the Author: Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *